in , , ,

Profil Pondok Pesantren Darul Ulum Ciamis

A.Sejarah

Pondok Pesantren Darul Ulum berdiri pada tahun 1914 M, kini telah mencapai umur 105 tahun dari sejak berdirinya lembaga pendidikan agama ini, lembaga pendidikan islam ini dilahirkan oleh ‘ulama karismatik, Kiyai Ahmad Bandaniji pada tahun 1914 M, yang ketika itu dikenal sebagai pesantren petir.

Dalam kajiannya pesantren petir mengutamakan ilmu Aqo’id dan ilmu Tafsir sebagai kajian yang paling mendalam. Kiyai Ahmad Bandaniji yang ketika itu hanya memimpin selama 29 tahun telah mampu menarik para santri nusantara, hingga telah mencetak kader-kader ummat secara Kaffah. Tahun 1943 M adalah masa berakhirnya masa keemasan beliau dimana ditahun tersebut beliau wafat dan mengakhiri masa kepemimpinannya.

Setelah ketiadaannya kemudian kepemimpian dilanjutkan oleh KH. Marzuq & Kiyai Su’eb Ummam. Namun, kepemimpinan mereka tidak lama dan berakhir pada tahun 1449 M bersamaan dengan agresi belanda Dua. Pondok pesantren yang mengalami beberapa kepemimpinan ini selanjutnya pula diganti oleh kiyai Qomarudin Effendi adalah ayah dari KH. Ahmad Hidayat.

Tidak lama kemudian seiring waktu berjalan tepatnya pada tahun 1965 M, Seorang putra bungsu dari putra Kiyai Ahmad Bandaniji, KH. Muhammad Habibullah muncul sebagai generasi penerus estapet kepemimpinan untuk membela ummat. Dan sejak tahun 1965 inilah dimana pondok pesantren petir terlahir nama beru menjadi “PONDOK PESANTREN DARUL ULUM” sebagai suatu pembaharuan perjuangan.

Pondok Pesantren Darul Ulum yang dibawah kepemimpinan KH. Muhammad Habibullah telah jauh berkembang pesat dari sebelumnya. pondok pesanten yang telah menjadi kiblat Ummat dalam bidang ushul Fiqih ini, selain bergerak pada pendidikan ala pesantren juga kini memiliki beberapa sub diadalamnya, yaitu : PSAA, PAUD, MI, MTS dan MA Plus Darul Ulum.

Adapun kajian kepesantrenan melalui 2 program yaitu Reguler dan Intensif. Program reguler meliputi kegiatan belajar mengajar harian. Adapun perogram intensif adalah program khusus yang dilaksanakan tiga kali didalam setahun, yaitu bulan Rabi’ul awwal, 15 Rajab & Ramadhan. Disamping kegiatan pengajian, pondok pesantren juga mengadakan kegiatan extrakurikuler.

Diantaranya TAKLID (Tamrintul Khitob Lisaniyah Darul Ulum), MUBTADA (Musyawarah Bajuri Takrib Darul Ulum), MURIDA (Musyawarah Riyadul badi’ah Darul Ulum) M3 (Majelis muhaffadzotun Mutun), Group Hadroh Al-fatir, Group Marawis Al-fatiriyah, dan program tahunan diantaranya : MASDAR (Musabaqoh Akhirussanah Darul Ulum) & Lomba Dakwah Priangan Timur. Juga kegitan-kegiatan lainnya diantaranya : Tim Sepak Bola Darul ulum & BRIGAST (Brigade Santri). Demi kelancaran aktifitasnya, kelangsungan belajar mengajar dibantu oleh para dewan Kiyai dan Dewan Guru.

B.Sistem Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. PAUD
  2. MI
  3. MTs
  4. MA Plus Darul Ulum

Pendidikan Non Formal

  1. Madrasah Diniyyah .
  2. TPQ

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an
  2. Kajian Kitab kuning
  3. Tahlil
  4. Imamah
  5. Khitobah
  6.  Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah)
  7. Seni Hadroh
  8. Kursus B. Arab dan B. Inggris
  9. Ketrampilan Hidup dan Wirausaha
  10. Pramuka
  11. PMR
  12. Paskibra
  13. Sepakbola
  14. Marching Band
  15. Beladiri

Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7.  Laboratorium Komputer
  8.  Laboratorium Bahasa
  9. Ruang tamu
  10.  Kopontren
  11.  Dapur
  12.  Aula
  13.  Lapangan
  14.  Kantor
  15. Kantin

C.Pengasuh

  1. KH. Ahmad Bandaniji
  2. KH. Marzuq
  3. KH. Su’eb Ummam
  4. Kiyai Qomarudin Effendi
  5. KH. Muhammad Habibullah

C. Alamat dan Kontak

Dusun Pasirkadu, Desa Petirhilir, Kecamatam Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kode Pos: 46274. Telepon: 0852-2004-1704

 

Laporkan

Bagaimana menurutmu?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Profil Pondok Pesantren Daarul Maarif Jakarta Selatan

Profil Pondok Pesantren At Taujieh Al Islamy 2 Banyumas