in ,

Melatih skil Bahasa Arab melalui portal berita Indonesiaalyoum.com

Oleh: Nahdliyyatul Azimah

Qirāah 

Qirāah  merupakan salah satu kemampuan bahasa Arab (BA) reseptif yang harus dipelajari dan diasah terus menerus. Melalui membaca, pembelajar akan mendapat kosakata, ungkapan, istilah, dan pola baru yang tentunya menambah pengetahuan tentang bahasa Arab. Dibutuhkan sikap komitmen dan konsisten dalam mengembangkan kemampuan ini.

Salah satu  portal media di Indonesia yang fokus dalam penyajian berita dengan medium BA adalah website Indonesia Al Yaum. Melalui portal ini pembelajar BA mampu meningkatkan kapasitas membaca berita teks berbahasa Arab kontemporer dengan berbagai topik, mulai dari politik, budaya, seni, ekonomi, sosial, pertahanan, wisata, pendidikan, dan bahasa. Cakupan berita yang ditayangkan di sini pun tidak hanya skala lokal, akan tetapi juga skala nasional dan internasional.

Indonesiaalyaum.com atau yang disingkat (IY) mulai aktif menyajikan berita berbahasa Arab pada tanggal 29 april tahun 2014. Kehadiran IY di nusantara memiliki tujuan, yaitu untuk memenuhi kebutuhan informasi terkini seputar Indonesia, dan tentunya dikemas dalam bahasa Arab. Namun, terdapat juga beberapa penulis yang mencantumkan terjemah bahasa Indonesia untuk memberi kemudahan pembaca yang masih  tataran pembelajar pemula bahasa Arab.

Selain itu, di IY terdapat juga beberapa teks berita yang merupakan terjemahan dari portal berita berbahasa Indonesia yang diubah menjadi bahasa sasaran atau BA. Makna Indonesi Al Yaum adalah “Indonesia Hari Ini”. Adapun Visi misi yang diusung IY adalah menjadi portal media elektronik rujukan berita Indonesia dalam bahasa Arab yang mampu menjadi wadah yang menghibur, edukatif, informatif, dan adaptif.

Founder IY 

Founder dan tim pengelola IY merupakan warga negara republik Indonesia yang notabenenya memiliki ghirah dalam mengembangkan bahasa Arab dan dunia jurnalistik. Selain itu IY juga merekrut anak-anak bangsa yang sedang atau sebelumnya pernah mengenyam ilmu di Timur Tengah dengan berbagai background keilmuannya yang mumpuni. Manajemen IY tidak ada sangkut paut dari kepentingan pihak manapun. Sehingga para jurnalis IY mampu menyajikan berita yang inspiratif bagi publik untuk kemajuan bangsa Indonesia.

IY lahir dari keprihatinan para founding father yang melihat realita bahwa negeri dengan jumlah kaum muslimin terbesar di dunia ini, belum memiliki portal berita lokal berbahasa Arab. Padahal, negara-negara lain seperti Rusia, Tiongkok, Perancis sudah terlebih dahulu memiliki kanal berita berbahasa Arab yang mendapat sokongan penuh dari negara masing-masing. Oleh karena itu, IY berupaya mengisi celah kekosongan ini.

Skill qira’ah

Salah satu poin menarik yang bisa diambil dari IY adalah pembelajar dapat melatih skill qira’ah sambil menikmati berita-berita lokal. Tentu saja ada sensasi lain yang penulis rasakan saat membaca berita seputar Indonesia yang disuguhkan dengan bahasa Arab yang merupakan salah satu bahasa resmi PBB.

Menjadi Kontributor Indonesiaalyoum.com

Menariknya, Redaksi Indonesiaalyoum.com pun menerima tulisan atau membuka pendaftaran untuk para pegiat bahasa yang ingin melatih mengembangkan kemampuan menulisnya dalam Bahasa Arab, dan akan dimuat di portal Indonesiaalyoum.com atas nama kontributor (penulis) melalui akun khusus penulis di website Indonesiaalyoum.com. Ini juga akan menjadi portofolio tersendiri bagi pegiat Bahasa Arab.

Untuk mendaftar sebagai penulis dan kontributor di Indonesiaalyoum.com bisa melalui link kontribusi yang tersedia dan mengunduh form kontributor IY.

Artikel ini pernah ditayangkan di laman lughotuna.id

What do you think?

Written by Santri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

TK RUMAN Aceh sekolah gratis bagi ratusan anak keluarga miskin

PONDOK PESANTREN TAHFIZH QURAN (PPTQ) AL KAUKAB BOGOR, PONDOK PARA BINTANG