in , , ,

Profil Pondok Pesantren Nurul Fajri Majalengka

A.Sejarah

Pondok Pesantren Nurul Fajri Majalengka berdiri pada tahun 2011 dibawah naungan Yayasan Nurul Fajri.

Pondok Pesantren Nurul Fajri mempunyai potensi di bidang ekonomi yaitu Peternakan.  Program pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren mencakup 24 jam; pendidikan nilai-nilai kebersamaan, tolong menolong, pengorbanan, tanggung jawab, kejujuran, bahasa, kreativitas, organisasi, kepemimpinan dan nilai-nilai sosial lainnya diselenggarakan dalam kehidupan bersama.

B.Sistem Pendidikan

Pendidikan Formal:
1. SMP
2. SMA

Pendidikan Informal
Madrasah Diniyah

KURIKULUM
Kurikulum yang ada di Pondok Pesantren merupakan segala gerak langkah, napas, kegiatan  jam yang terintegrasi antara sekolah dan pesantren  dengan bimbingan dan arahan dari para guru dan pengasuh selama 24 jam. Berbagai program unggulan telah direncanakan pondok diantaranya adalah sebagai berikut:

Integrasi keilmuwan
Pondok Pesantren memiliki sistem pendidikan terpadu antara sistem sekolah dan pesantren, antara ayat-ayat Qur’aniyyah dan Kauniyyah. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan dikotomi keilmuan, sehingga para santri diharapkan selain melek dalam memahami ilmu agama (tafaqquh fid din) tetapi juga bisa berkreasi dan berinovasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Penguasaan Bahasa Arab – Inggris
Progam unggulan lainnya adalah diharapkan para santri mempunyai kemampuan berbahasa Arab – Inggris baik aktif maupun pasif. Peribahasa mengatakan manusia adalah budak daripada kebiasaannya. Oleh karena itu, seluruh santri pondok dibiasakan untuk menggunakan bahasa Arab – Inggris dalam percakapan sehari-hari. Penerapan bahasa ini tidak hanya untuk para santri tetapi juga untuk guru-guru dan seluruh civitas akademika pesantren, sehingga seluruhnya dibiasakan dengan kebiasaan berbahasa Arab – Inggris, dengan pengarahan dan bimbingan dari para ahli.

Kajian Kitab Kuning
Pondok Pesantrenmenyadari bahwa para ulama salaf memiliki kontribusi yang berharga dalam mengembangkan dan memajukan khazanah keilmuan. Berbagai macam kitab keilmuan telah ditulis oleh ulama-ulama terdahulu yang sebagian besar ditulis dalam berbahasa arab gundul/tanpa harakat. Oleh karena itu, untuk mengetahui  dan memahami buah pikiran mereka yang dituangkan dalam bentuk tulisan berbahasa arab atau disebut dengan kitab kuning, maka Pondok Pesantren Modern Nurul Fajri memprogramkan kajian kitab kuning. Diharapkan dengan adanya program ini, para santri dapat membaca dan memahami kitab kuning sehingga dapat melestarikan peninggalan-peninggalan keilmuan para ulama salaf.

Program Khusus Tahfidz Qur`an dan Tilawah
Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menghasilkan para santri yang bukan saja pandai dalam membaca dan memahami al-Qur`an tetapi juga dapat menghafalkannya.

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

C.Pengasuh

Dr. Endi Suhendi, M.A

D.Alamat dan Kontak
Desa Weragati RT 02 RW 04, Kecamatan Palasah, 45475 Kab. Majalengka, Jawa Barat

Mobile : 081320674873

Weblog : http://ponpesmodernnurulfajri.blogspot.com/

 

 

Laporkan

Bagaimana menurutmu?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

0

Mengenal Pesantren Al-Fatah Temboro, Magetan

Profil Pondok Pesantren Hidayatus Sholihin Kediri