in

PONDOK PESANTREN TAHFIZH QURAN (PPTQ) AL KAUKAB BOGOR, PONDOK PARA BINTANG

  • Profil PPTQ. Al Kaukab
Kegiatan pengajian santri Pesantren al-Kaukab

Kehidupan dan peradaban manusia senantiasa mengalami perubahan dalam segala hal, untuk merespon perkembangan itu, kita harus berpacu dalam mengembangkan kualitas, dakwah dan  pendidikan, sehingga kemampuan manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, peradaban dan kebudayaan dapat dilakukan secara terarah dengan baik serta didasari oleh nilai-nilai agama.

Pondok Pesantren Tahfizh Qur’an (PPTQ) Al Kaukab, dengan izin Allah Swt dan iktiar bersama diharapkan mampu menjadi bagian dari solusi perubahan dan kemajuan peradaban di era modernisasi saat ini, dan menjadi lembaga yang berkontribusi dalam membina dan mencerdaskan umat yang berkualitas dan bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara. PPTQ Al Kaukab terletak di Jalan GBHN, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, berdiri sejak tahun 2011 di bawah naungan Yayasan Lentera Insan Nusantara (YANSURA). Rintisan pendirian pesantren ini diawali oleh pengagagas yang sekaligus sebagai pengasuh PPTQ. Al Kaukab, yaitu DR. KH. Khoirul Huda Basyir, Lc, M.Si dan istri, Ibu Nyai Endang Riskayani, S.Pd.I, dengan mengawali membebaskan sepetak tanah yang kemudian didirikan di atasnya Musholla yang diberi nama Al Kaukab, yang mana pembangunannya dimulai bertepatan pada tanggal 11 bulan 11 tahun 2011. Mushola ini didirikan atas usulan dan kemauan masyarakat sekitar supaya dapat menjadi tempat ibadah dan kajian ilmu-ilmu keislaman warga sekitar yang ketepatan belum memiliki rumah ibadah yang layak.

Lokasi pesantren sangat strategis dan berada tidak jauh dari jalan raya yang dekat dengan lokasi perumahan, pasar dan area perkotaan memudahkan komunikasi dan pengembangan, baik dengan instansi pemerintah maupun masyarakat sekitar dan didukung dengan lingkungan yang asri dan penghijauan yang rindang serta dikelilingi aneka pepohonan berbuah yang beraneka ragam. Ditambah tata ruang pesantren berada di daerah yang aman, bersih, sehat serta nyaman untuk belajar dan mengaji karena area jauh dari keramaian dan terletak tidak jauh dari lingkungan pemukiman penduduk. Ditambah sarana bangunan yang permanen dan sudah bersertifikat, juga lokasi yang strategis dengan kontur tanah rata dan padat serta prasarana pendidikan yang cukup memadai.

Nama Al Kaukab diambil dari sebuah kata yang ada didalam Al Qur’an, yaitu surah Yusuf, ayat 4, yang menceritakan tentang kisah mimpi Nabi Yusuf A.S saat melihat 11 bintang, matahari dan bulan bersujud kepadanya (ahada ‘asyara  kaukaban), sehingga nama Al Kaukab inilah yang menjadi inspirasi pengasuh untuk ditetapkan sebagai nama lembaga/pesantren yang bertepatan dengan tanggal, bulan, tahun dan waktu pada peletakan batu pertama pembangunan Mushola Al Kaukab, yaitu (11-11-’11). Sebagaimana nama Al Kaukab memiliki arti bintang yang bersinar terang, karenanya santri dan generasi Al Kaukab diharapkan menjadi bintang-bintang yang mampu menyinari dan menerangi kehidupaan dalam segala kebaikan dan kemajuan, sebagaimana milyaran bintang yang selalu menerangi jagad raya bagi terangnya kehidupan.

PPTQ. Al Kaukab berupaya membentuk generasi qurani benar, pintar dan unggul yang muttafaqih fiddin untuk menjadi pemimpin umat/bangsa, yang selalu mengupayakan terciptanya pendidikan yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, terampil, disiplin dan memiliki pemikiran terbuka serta moderat tanpa menghilangkan nilai-nilai prinsip dalam ajaran Islam. Dengan ditopang prilaku mulia yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pesantren atas dasar Al-Qur’an, Sunnah Rasulullah Saw dan bimbingan para ulama untuk meningkatkan iman, taqwa, ilmu dan amal sholeh.

  • Sistem Pendidikan dan Prestasi

Pendidikan dakwah dan pemberdayaan masyarakat adalah program inti PPTQ Al Kaukab yang ditopang dan didukung dengan program-program ektrakurikuler seperti (qiroah, marawis, hadroh, muhadoroh, olahraga, melukis, taekwondo, pencak silat, kaligrafi, musik Islami dll). Misi dan pengembangan PPTQ Al Kaukab selalu berpegang kepada kaidah “ Al Muhafadhou ala qhodimis sholih wal akhdhu lil jadidil aslah” yaitu menerapkan sistem pendidikan terpadu, dimana selalu berpegang pada konsep pendidikan dahulu yang baik, dan mengembangkan konsep dan sistem pendidikan modern yang lebih baik.

Beberapa sistem yang telah diterapkan adalah ; Pertama : sistem pesantren salaf yaitu dengan pengajaran konsep kurikulum pesantren salaf dan kitab kuning/kitab-kitab yang diajarkan di pesantren salaf. Kedua : sistem modern yaitu penerapan konsep pendidikan modern, dalam bidang IT, bahasa, sain dan teknologi. Ketiga : sistem pendidikan madrasah yaitu pendidikan formal MTs (Madrasah Tsanawiyah) dan MA (Madrasah Aliyah) dengan Kejuruan Agama, IPA,  dan IPS. Keempat ; sistem tahfidzul qur’an yaitu menghafal Al Qur’an dimulai dari MTs hingga lulus MA mampu menyelesaikan 30 Juz dengan mutqin (lancar) dan fasih/tartil. Adapun bidang pendidikan yang menjadi keunggulan adalah tahfidzul qur’an. selain itu pula PPTQ Al Kaukab  mengelola Majlis Ta’lim, TPQ dan Takhassus Qur’an untuk santri da’i. Juga pemberdayaan ekonomi, seperti BLK (Balai Latihan Kerja), Koperasi, Laundry, Produksi Air Mineral dan Perkebunan.

Pada awal berdiri, PPTQ. Al Kaukab memiliki santri sekitar 40 putra-putri dengan 10 tenaga pendidik dan kependidikan, seiring bergulirnya tahun antusias masyarakat semakin bertambah pesat terbukti pada tahun-tahun berikutnya jumlah santri bertambah menjadi 200 orang dan sampai saat ini, yaitu tahun pelajaran 2020/2021, total santri telah mencapai berjumlah 325 santri putra-putri dengan dibimbing oleh sekitar 50 tenaga pendidik dan kependidikan.

Adapun prestasi dan beberapa keunggulan yang diraih oleh PPTQ. Al Kaukab diantaranya adalah :

  1. Mewakili DKI Jakarta MHQ tingkat Nasional.
  2. Finalis 5 Besar Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional Di UIN Yogyakarta.
  3. Juara 2 MHQ KKMTs Wilayah 4 Kabupaten Bogor.
  4. Juara 2 Bulu TangkisWilayah 4 Kabupaten Bogor.
  5. Juara 1 MHQ 10 Juz se-Jabodetabek.
  6. Juara 1 Da’iyyah se-Jabodetabek.
  7. Juara 3 Da’i Muda se-Jabodetabek.
  8. Juara 2 Kaligrafi se-Jabodetabek.
  9. Juara 1 Mural se-Jabodetabek.
  10. Juara 1, 2 dan 3 Homer Taekwondo se-Jabodetabek.
  11. Peringkat 4 UN-BK Mapel B. Indonesia Sekabupaten Bogor.
  12. Juara 1 Hadroh Kirab Hari santri se-Kecamatan.
  13. Juara 1 Marawis se-Kecamatan.
  14. Juara2 Harapan MQK (Baca Kitab) se-Kabupaten.
  15. Juara Umum Aksioma KKMTs Gunung Putri.
  16. Juara 2 dan 3 Ceramah B. Inggris KKMTs Gunung Putri.
  17. Juara 2 Ceramah B. Arab KKMTs Gunung Putri.
  18. Juara 2 Kaligrafi KKMTs Gunung Putri.
  19. Juara 3 MTQ KKMTs Gunung Putri.
  20. Dan beberapa kejuaraan dibidang olahraga, seni dan budaya, baik ditingkat regional maupun nasional.

Alamat:

Jalan GBHN, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Tlp./HP 085716483053 – 081285710646 Email: [email protected]

What do you think?

Written by Santri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Melatih skil Bahasa Arab melalui portal berita Indonesiaalyoum.com

Undang Non-Muslim Buka Puasa; Pesantren Nur Inka Nusantara Madani USA mendapat apresiasi