Profil Pesantren Ar-Risalah Sumatera Barat

Sejarah ringkas Berdirinya Yayasan Wakaf Ar-Risalah

Sejak keberangkatan sekelompok pelajar dari Sumatera Barat pada tahun 1990-an ke Jakarta untuk menuntut ilmu di LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab), sudah mulai muncul gagasan bahwa suatu saat nanti penting didirikan sebuah lembaga pendidikan agama berkualitas tinggi di Ranah Minang. Hal ini disebabkan sekelompok pelajar tadi melihat langsung di lembaga mereka belajar di Jakarta perkembangan dunia pendidikan agama Islam yang sudah semakin maju jauh meninggalkan lembaga-lembaga pendidikan serupa di Sumatera Barat. Padahal Sumatera Barat adalah pusat pendidikan agama Islam di Indonesia tempo dulu.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 67893856_818544571880377_5372104562230427648_n.jpg

Ide atau gagasan besar ini tetap saja masih tertanam dalam hati para pelajar tadi bahkan berlanjut menjadi berupa kegiatan-kegiatan dakwah dan pendidikan berkala saat para pelajar pulang liburan ke Sumatera Barat. Dan bahkan saat sebahagian pelajar tadi melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah komunikasi seputar gagasan besar tadi masih tetap berlanjut.

Akhirnya setelah belasan tahun hanya dalam bentuk gagasan, para pelajar tadi yang sudah memiliki pengalaman beragam sepakat mendirikan sebuah yayasan Islam dengan konsep pengembangan berbasis wakaf ummat islam. Dan karena memang bidang pendidikan adalah bidang pengabdian sangat strategis bagi masa depan ummat, disepakatilah untuk memulai kegiatan Yayasan pada bidang ini.

Maka pada hari Selasa tanggal 24 Juni 2003 di Solok Sumatera Barat berdirilah sebuah yayasan dengan nama Yayasan Waqaf AR RISALAH terdaftar secara resmi pada pegawai notaris Helmi Darlis No 28 tanggal 24/6/2003. Dan Program pertama adalah mendirikan PERGURUAN ISLAM ARRISALAH

Ar-Risalah menyiapkan Alumninya ke Timur Tengah

Perguruan tinggi Ar-Risalah berupaya mempersiapkan alumninya untuk mampu menembus seleksi penerimaan mahasiswa untuk universitas-universitas Islam terkemuka di Timur Tengah. Untuk itu, alumni Perguruan Ar-Risalah rutin dibekali dengan bimbingan belajar berbasis Timur Tengah (Bimbel Timteng).

Pimpinan Ponpes Ar-Rsialah H. Irsyad, Lc, menjelaskan kalau bimbel ke Timteng ini melibatkan guru-guru dan pembimbing yang sudah professional dan saat ini mengabdi di perguruan Islam setempat dan secara keseluruhan adalah alumni Timur Tengah.

“Berbekal ilmu dan pengalaman para Ustadz/ah tersebut, diharapkan santri/santriwati yang mengikuti bimbel ini mampu mengikuti langkah senior mereka terdahulu dengan disiplin ilmu yang teruji”. Ungkap Irsyad Syafar

Hasil bimbel ini telah mengantarkan puluhan alumni Ar-Risalah yang saat ini sedang melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah.

Fasilitas

Asrama
Masjid Putra dan Mushalla Putri
Gedung Belajar
Laboratorium Sains
Laboratorium Komputer
Laboratorium Bahasa
Minimarket dan Kantin
Katering
Klinik Kesehatan
Gedung Olahraga dan Lapangan Olahraga
C. Program Penunjang

Kepanduan dan Pramuka
Life Skill (menjahit, tataboga, elektronika)
Outbond
Halaqah Tarbiyah
Study Club Sains dan Al-Qur’an
Apresiasi Seni Islam (Nasyid, Kaligrafi, Teater)
Ekstrakulikuler (Basket, Beladiri, Badminton, Jurnalistik, Photoshop)
D. Alamat:

Perguruan Islam Ar Risalah, RT.01 RW 09, Air Dingin, Kel. Balai Gadang, Kec. Koto Tangah, Padang, Telp. (0751) 7877114

Rute Perjalanan:

Dari seluruh daerah ke kota Padang, naik angkot putih jurusan Tabing. Turun di Simpang Tabing. Naik angkot kuning jur Balai Gadang. Turun di simpang setelah jembatan Lori, Lb.Minturun.
Naik ojek ke Kampus Perguruan Islam Ar Risalah
Email: [email protected]

Latest articles

Related articles

spot_img