Profil Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang

A.Sejarah

Pondok Pesantren Al-Khoirot (Alkhoirot) Karangsuko Pagelaran adalah Pondok Pesantren yang memiliki visi untuk mencetak generasi muda yang berkualitas di bidang ilmu agama, ilmu umum, dan berkepribadian akhlakul karimah. Yaitu pribadi yang memiliki hubungan berkualitas dengan Allah (hablun minalllah), dengan sesama manusia (hablun minannas), mengamlkan syariah Islam, menjunjung tinggi nilai-nilai universal dan menghormati etika lokal.

Misi dari Ponpes Al-Khoirot adalah memberikan kesempatan akses pendidikan berkualitas kepada seluruh generasi muda Islam tanpa memandang latar belakang ekonomi dan strata sosial. Di Pondok Pesantren Al-Khoirot kemiskinan bukan menjadi penghambat untuk belajar dan menjadi pintar. Karena itu, biaya pendidikan di PPA ditekan sedemikian rupa sehingga semua pelajar dari level ekonomi paling rendah sekalipun dapat belajar di Pesantren Al-Khoirot.

Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) merupakan sebuah ponpes salaf dan modern yang berlokasi di Jl. KH. Syuhud Zayyadi 01 Karangsuko Pagelaran (Gondanglegi), Malang 65174 Jawa Timur. Didirikan oleh KH. Syuhud Zayyadi pada tahun 1963, PPA Malang menjadi salah satu pesantren tertua di Malang Raya bahkan di Jawa Timur. PPA Malang adalah pesantren yang secara kultural berafiliasi ke NU (Nahdlatul Ulama), sedang secara politis bebas aktif dan nonpartisan. Ponpes Al-Khoirot Malang juga tidak ada hubungan dan kaitan organisasi dengan Pondok Pesantren Al-Khairaat Palu, Sulawesi atau pesantren lainnya dengan nama yang serupa.

Biodata singkat PPA Malang:

Nama: Pondok Pesantren Al-Khoirot
Tahun berdiri: 1963
Pendiri: KH. Syuhud Zayyadi
Tipe: Kombinasi salaf dan modern
Akidah: Ahlussunnah wal Jamaah
Fikih: Madzhab Syafi’i
Fikrah: Asy’ariyah
Afiliasi kultural: NU
Politik: Bebas Aktif
Sistem pendidikan antara tahun 1963 – 2008: Salaf atau Salafiyah murni
Sistem pendidikan sejak tahun 2009 dan seterusnya: Kombinasi Salaf Modern

B.Sistem Pendidikan

PENGAJIAN KITAB KUNING

Pengajian Kitab Kuning yang disebut juga dengan kitab turots, kitab gundul atau kitab klasik adalah salah satu aktifitas rutin yang harus diikuti oleh seluruh santri Al-Khoirot. Ciri khas ini menjadikan pesantren Al-Khoirot memiliki ciri khas sebagai pesantren salaf.

Sebagai pesantren yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah, kitab-kitab yang dikaji disesuaikan prinsip tersebut. Kgiatan belajar mengajar kitab kuning memakai sistem sorogan (santri yang membaca pada kyai) dan siste wethonan atau bandongan (kyai membaca santri mendengarkan).

Pengajian kitab harian yang dibaca oleh pengasuh/pimpinan Pesantren setiap pagi adalah sebagai berikut:

. Tafsir Jalalain . Hadits Sahih Bukhari . Al-Umm Syafi’i . Muhadzab . Fathul Wahhab . Iqna’ . Syarh Ibnu Aqil . Minhajul Abidin . Faraidul Bahiyyah . Al Tahdzib.

PENDIDIKAN FORMAL

Pondok Pesantren Al-Khoirot memiliki 2 (dua) pendidikan formal tinggal SLTP dan SLTA yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khoirot dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Khoirot.

Perlu dicatat bahwa pendidikan formal yang ada di PPA hanya dapat diikuti oleh santri Al-Khoirot. Artinya, agar diterima di MTS dan MA Al-Khoirot, pelajar yang bersangkutan harus terdaftar sebagai santri PPA.

MADRASAH DINIYAH (MADIN)

Madrasah Diniyah atau Madin Al-Khoirot adalah sekolah khusus agama yang menjadi bagian integral dari sistem di Pondok Pesantren Al-Khoirot. Sistem kelas dalam Madin ini terdiri dari I’dad (persiapan), Ula I, Ula II, Wustho I, Wustho II, Ulya I dan Ulya II, dan Ma’had Aly

Program Madin adalah program yang wajib diikuti oleh seluruh santri. Jadi, PPA memiliki 3 (tiga) program yang wajib diikuti yaitu Pengajian Kitab Kuning, Pendidikan Formal dan Madrasah Diniyah.

TAHFIDZ AL-QUR’AN (MENGHAFAL QURAN)

Tahfidzul Quran adalah program yang baru diperkenalkan pada tahun 2012. Program yang berada di bawah koordinasi KH. M. Hamidurroham ini tidak wajib diikuti oleh santri. Namun menjadi salah satu program yang memiliki banyak peminat sejak pertama kali diadakan.

MA’HAD ALY

Ma’had Aly adalah program anyar yang baru diperkenalkan pada bulan November 2012. Program ini khusus diperuntukkan bagi santri yang sudah mencapai tingkat advanced. Santri dari luar dapat langsung mengikuti program ini apabila lulus dalam tes masuk.

Ma’had Aly bertujuan untuk mencetak santri yang mampu dan memenuhi syarat untuk menjadi seorang mujtahid atau minimal mengetahui alur logika seorang mujtahid dalam berijtihad atau intinbath hukum.

Materi yang diajarkan pada tahun pertama ini adalah: . Tafsir Ayat Ahkam Ash Shabuni . Ibanah Ahkam Syarh Bulughul Maram . Ihya’ Ulumuddin . Jam’ul Jawamik.

BAHASA ARAB

Salah satu ciri khas dari pesantren modern adalah kemampuan berbicara bahasa Arab sehari-hari dengan lancar. Sebenarnya
yang dimaksud bahasa Arab itu mencakup percakapan (muhawarah), membaca (qira’ah), mendengar (istima’) dan menulis (kitabah). Namun, orang awam cenderung lebih apresiatif pada kemampuan berbicara bahasa Arab (muhadatsah, speaking) daripada kemampuan bahasa yang lain. Ini disebabkan oleh kenyataan bahwa kemampuan berbicara akan lebih tampak dan lebih mengesankan dibanding misalnya dengan kemampuan membaca atau bahkan menulis bahasa Arab.

Di ponpes Al-Khoirot kemampuan bahasa Arab yang lebih mendalam, yakni membaca dan kajian kitab kuning, sudah tercakup dalam program madrasah diniyah dan pengajian kitab kuning.

EKSTRA KURIKULER PESANTREN

  1. Program Khitabah wad Da’wah
  2. Bahtsul Masa’il
  3. Mentoring (halaqah, tarbiyah)
  4. Pelatihan kompetensi baca kitab kuning sistem cepat (Amtsilati)

KETERAMPILAN

  1. Sablon
  2. Pangkas rambut
  3. Menjahit
  4. Komputer

FASILITAS

  1. Lab Komputer
  2. Perpustakaan (Sekolah dan Pesantren)
  3. Penerbitan: Pustaka Alkhoirot
  4. Lapangan olahraga
  5. Asrama Putra Putri
  6. Pertokoan

Santri Al-Khoirot Menulis Setiap Minggu

Dalam rangka (a) menyebarkan rahmat cahaya ilmu, (b) meningkatkan semangat berbagi, (c) membiasakan bekerja keras dan menjauhi kemalasan, (d) menjadikan menulis sebagai tradisi salafus-salih (kalangan intelektual muslim terdahulu) yang tidak hanya patut dilestarikan tapi juga ditingkatkan, maka Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang memiliki program “hari menulis” (writing day).

Hari menulis dilakukan setiap hari Senin setiap minggu. Pada saat ini program writing day diwajibkan untuk santri senior yang sudah mengajar di Madrasah Diniyah (Madin) Annasyiatul Jadidah.

PENGABDIAN MASYARAKAT

Pengabdian masyakarat inheren dalam kultur pesantren sejak dulu. Terutama pesantren salaf. Bukan pesantren kalau tanpa ada intereksi harmnois yang menguntungkan masyarakat sekitarnya. Beberapa program pengabdian masyarakat kami antara lain:

  1. Di bawah lembaga Alkhoirot Multimedia memberi pelatihan gratis bidang teknologi informasi kepada setiap lembaga pendididikan dan individu.
    2. Memberi penyuluhan spiritual dalam bentuk pengajian rutin dan dzikir bersama setiap hari Kamis Malam dan Senin malam.
    3. Memberi konsultasi agama Islam secara online melalui internet di alkhoirot.net
    3. Di bawah tim Al-Banjari Al-Khoirot menerima undangan untuk membaca shalawat Nabi pada acara-acara tertentu.

C.Pengasuh

DEWAN PENGASUH HARIAN PUTRA

Berikut Dewan Pengasuh harian putra yang bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan aktivitas harian seluruh lembaga yang berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot khususnya santri putra:

  1. A. Fatih Syuhud
  2. KH. Ja’far Syuhud
  3. KH. Hamidurrohman Syuhud
  4. KH. Humaidi Syuhud
  5. Ustadz Helmi Ali

DEWAN PENGASUH HARIAN PUTRI

Berikut Dewan Pengasuh harian putri yang bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan aktivitas harian seluruh lembaga yang berada di bawah Pondok Pesantren Al-Khoirot putri:

  1. Ny. Hj. Luthfiyah Syuhud
  2. Ny. Hj. Juwairiyah Syamsul Arifin
  3. Ny. Lutfiyatur Rohmah Karim
  4. Ny. Chusnia Khoirotus Saadah
  5. Ny. Malikatun Nufus Baidhowi

D.Alamat dan Kontak

Lokasi dan alamat pos: Jalan Kyai Syuhud No. 01 Karangsuko, Pagelaran, Malang 65174 Jawa Timur
Email: [email protected] atau [email protected]
Telp./Fax.: 0341-879830
Website: www.alkhoirot.com

Berikut kontak telpon yang dapat dihubungi bagi yang ingin menanyakan lokasi pesantren atau informasi lebih detail terkait pesantren Al-Khoirot dan sekolah MTs & MA Al-Khoirot.

No Telpon Putra

Pesantren

Telpon kantor: 0341-879730
Khoiruman: 0823-3480-1555 (Ketua Pondok)
Ali Mahfudz: 0823-3373-5161 (Koordinator Santri Dewasa)
Edi Purwanto: 0856-4315-3185
Husain: 0857-0000-1029

MA Al-Khoirot

Kholilurrohman: 0815-5599-9175
Imamsyah: 0858-5599-9549

MTs Al-Khoirot

Habib Ubaidillah: 0815-5482-7238 (Kepala Sekolah)
Zaironi: 0857-5561-8466

No. Telpon Putri

Kantor Sekolah Putri: 081555327272
Kantor PPA Putri: 0816-1561-3555
Kantor PPA Putri: 0341-7446338

 

spot_img

Latest articles

Related articles

spot_img