in , , , ,

Profil Pondok  Pesantren Al Munawwir Yogyakarta

A.Sejarah

Pondok Pesantren Al Munawwir didirikan oleh KH. Muhammad Munawwir bin Abdullah Rosyad pada tanggal 15 November 1911 M, sejak awal berdiri dan berkembangnya pondok pesantren ini semula bernama pondok pesantren Krapyak, karena memang terletak di dusun Krapyak.

Dan pada tahun 1976-an nama pondok pesantren tersebut ditambah ‘Al-Munawwir’. Penambahan nama ini bertujuan untuk mengenang pendirinya yaitu KH. M. Munawwir. Dan Al-Qur’anlah sebagai ciri khas pendidikan di pesantren ini di awal berdirinya.

B.Sistem Pendidikan

Pondok pesantren Al-Munawwir adalah salah satu lembaga pendidikan yang dalam khazanah ilmu dunia pesantren dikenal dengan istilah salaf yang hingga saat ini mampu bertahan dan bahkan terus berkembang dalam kiprahnya membangun bangsa dan negara Indonesia.

Kemudian pada perkembangan selanjutnya pondok pesantren Al-Munawwir tidak hanya mengkhususkan pendidikannya dalam bidang Al-Qur’an saja, melainkan merambat ke bidang ilmu yang lain, khususnya kitab-kitab kuning (kutubussalafu assholih) yang kemudian disusul dengan penerapan sistem madrasah (klasikal) yang melahirkan lembaga- lembaga pendidikan, diantaranya:

  • Madrasah Salafiyah (I, II, III, IV dan V)
  • Al-Ma’had al-‘Aly
  • Madrasah Diniyah
  • Madrasah Huffadh (I dan II)
  • Majlis Ta’lim dan Majlis Masyayikh
  • Madrasah Tsanawiyah 3 tahun untuk putra (1978 M.)
  • Madrasah Aliyah 3 tahun untuk putra (1978 M.)
  • Madrasah Tahassus Bahasa Arab dan Syari’ah
  • Madrasah Tsanawiyyah untuk putri (1987 M.)
  • Madrasah Aliyah untuk putri (1987 M.)
  • SMP Munawwir
  • SMK Munawwir

Pendidikan adalah suatu proses komprehensif untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Proses itu memerlukan pengasahan kesatuan tiga aspek pendidikan baik kognisi, efeksi, dan psikomotorik, sehingga mampu menghasilkan (out put) SDM yang berkualitas, propesional, terampil, mandiri, yang dilandasi iman dan taqwa, sehingga dapat membentuk kesatuan antara kemampuaan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (IPTEK) dan keunggulan moralitas (akhlakul karimah). Berangkat dari hal itu pada pertengahan tahun 2004 PP Al-Munawwir bekerjasama dengan SMK Ma’arif I Kretek Bantul membuka sekolah menengah kejuruan (SMK) program khusus dengan jurusan mekanik otomotif.

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler

Seni baca Al-Qur’an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band.

C.Riwayat Pengasuh

  1. KH. M. Munawwir
  2. KH. R. Abdullah Affandi
  3. KH. R. Abdul Qadir (tahun 1941-1968 M)
  4. KH. Ali Maksum (tahun 1941-1989 M)
  5. KH. Zainal Abidin Munawwir (tahun 1989-2014 M).
  6. KH. Ahmad Shidqi Masyhuri S.Psi., M.Eng

D.Alamat dan Kontak

Jl. KH. Ali Maksum Tromol Pos 5, Dusun Krapyak, Desa Panggungharjo, Sewon, Panggungharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

Telepon: +62 274 383768

Website : http://www.almunawwir.com/

E.Alumni

Salah seorang alumni pesantren ini adalah KH Musthofa Bisri (Gus Mus)

Laporkan

Bagaimana menurutmu?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Profil Pondok Pesantren Al Fatah Maos Cilacap

Profil Pondok Pesantren Wahid Hasyim Sleman