in , , ,

Profil Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya

A.Sejarah

Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah didirikan oleh Hadhratusy Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy ra. pada tahun 1985 bermula dari kediaman beliau dan mushola. Pada saat itu ikut serta beberapa santri dari Pondok Pesantren Darul ‘Ubudiyah Jatipurwo Surabaya yang didirikan dan diasuh Hadhrotusy Syaikh Al Arif Billah KH. Muhammad Utsman Al Ishaqy ra.

Pada tahun 1990 datanglah beberapa santri dengan kegiatan ‘ubudiyah dan mengaji secara sorogan & bandongan di mushola. Dalam perkembangannya jumlah anak yang ingin mengaji dan nyantri semakin banyak sehingga pada tahun 1994 Hadhratusy Syaikh memutuskan untuk mendirikan Pondok Pesantren dan mengatur pendidikan secara klasikal.

Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah berlokasi di jalan Kedinding Lor 99 Surabaya adalah lembaga pendidikan Islam ini lahir, tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat, yang salah satu tujuannya adalah melestarikan dan mengembangkan akhlaqul karimah dan nilai-nilai amaliah salafushsholeh.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi dan informasi, serta guna memberikan landasan yang kuat dengan didikan yang akhlaqul karimah, maka dalam hidup dan kehidupan ini, pendidikan -khususnya agama Islam- dan tatanan hidup yang akhlaqul karimah sangat diperlukan untuk membentengi dan melindungi diri, keluarga khususnya anak – anak.

Anak sebagai generasi penerus, dalam perkembangannya sangat membutuhkan pendidikan agama dan akhlaqul karimah sejak dini, guna melindungi diri dan kehidupannya, agar tidak terseret dalam arus globalisasi dan informasi yang menyesatkan. Inilah yang melatar belakangi pendirian pesantren ini dalam rangka melindungi, membentengi dan memberikan tuntunan dan didikan agama Islam dan tata laku akhlaqul karimah,

B.Sistem Pendidikan

Pendidikan Diniyah Formal
a. PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL (PDF) WUSTHA AL FITHRAH
b. PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL ULYA
c. MA’HAD ALY AL FITHRAH

Pendidikan Formal
a. RAUDHATUL ATHFAL (RA/TK) AL FITHRAH
b. MADRASAN IBTIDA’IYAH (MI) AL FITHRAH
c. STAI AL Fitrah

Pendidikan Diniyah Non Formal
a. MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AL FITHRAH
b. TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN (TPQ) AL FITHRAH

Pendidikan Khusus
a. Taman Pendidikan Al-Quran

Fasilitas
Masjid, asrama putra dan putri terpisah, koperasi, kantor, gedung-gedung sekolah dan madrasah, perguruan tinggi, lapangan serbaguna, gudang, mck, lab komputer, lab bahasa asing, parkir mobil dan motor.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al Qur’an, kajian kitab kuning, pramuka, silat, PMR, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit dan lain-lain.

C.Pengasuh

Hadhratusy Syaikh KH. Achmad Asrori Al Ishaqy ra.

D.Alamat dan Kontak
Pesantren Assalafi Al-Fitrah, Surabaya
jalan Kedinding Lor 99 Surabaya, Jawa Timur
Telp.        : (031) 3722 771,
Fax         : (031) 3766 804

Website : https://alfithrah99sby.org/

Laporkan

Bagaimana menurutmu?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Profil Pondok Pesantren Sukamiskin Bandung

Profil Pondok Pesantren Madinah Darul Barokah Purwakarta