Profil Pondok Pesantren Pomosda Nganjuk

A.Sejarah

POMOSDA (Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa), Berdiri pada tahun 1995 oleh pendirinya yakni Alm Almaghfurllah KH Moh. Munawwar Afandi.

POMOSDA termasuk Unit Pelaksana Pendidikan dibawah naungan Yayasan Lil Muqorrobien yang menerapkan satu kesatuan sistem madrasah atau sekolah dengan pondok.

Pada awal berdirinya POMOSDA menyelenggarakan pendidikan tinkat menengah atas yang saat itu bernama MA POMOSDA, Kemudian ditahun 2000 POMOSDA mendaftarkan legalitas pendidikan dibawah kementrian pendidikan dengan nama SMA POMOSDA.

Yang mengangkat paradigma pendidikan ditempatkan pada orientasi nilai-nilai moral dan mental dengan basis ketauhidan merupakan hal essensial guna menjawab tantangan pendidikan selama ini. hal ini tidak bisa tidak, yakni menmpatkan keillahian dipandang sebagai refrensi yang bersifat mutlak. guna membangun kesadaran ulul albab kesadaran dalam makna inti memanusiakan manusia menempatkan unsur kejadian manusia secara proporsional dan komprehensif (kaffah) lahir dan batin.

Dalam perkembanganya POMOSDA menyelenggarakan pendidikan Tingkat Tinggi di tahun 2000, dan pendidikan menegah pertama di tahun 2007. untuk semua santri SMP maupun SMA diwajibkan berasrama hal ini dilakukan untuk memberikan kesan yang mendalam terkait dengan pembinaan pendampingan dari pendidik ro’y dan santri atau murid ro’yinya. Sedangkan untuk mahasiswa disediakan fasilitas berasrama.

B.Sistem Pendidikan

POMOSDA menyelenggarakan pendidikan Tingkat Tinggi di tahun 2000, dan pendidikan menegah pertama di tahun 2007. untuk semua santri SMP maupun SMA diwajibkan berasrama hal ini dilakukan untuk memberikan kesan yang mendalam terkait dengan pembinaan pendampingan dari pendidik ro’y dan santri atau murid ro’yinya.

Sedangkan untuk mahasiswa disediakan fasilitas berasrama. selama 24 jam antara pendidik dan santri bersama dalam satu kesatuan sistem. dalam pelaksanaan kegiatanya ditetapkan jadwal yang telah disusun sedmikian rupa, untuk bisa dijalankan bersama- sama. Meliputi Kegiatan sholat berjama’ah, Kegiatan mandiri, atau kebersihan diri, sarapan(makan bersama), Kegiatan belajar mengajar dikelas, Kegiatan pengembangan diri yang terdiri dari extrakurikuler dan pengembangan keterampilan santri termasuk juga kegiatan belajar mengaji. sholat berjama’ah menjadi bagian pendidikan pembentukan karakter di POMOSDA .

C.Pengasuh

KH Moh. Munawwar Afandi.

D.Alamat dan Kontak

Jl. Wachid Hasyim No.312, Tanjung, Kec. Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64483

Telepon: (0358) 771589

https://smp-pomosda.sch.id/

Latest articles

Related articles

spot_img