- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
PesantrenProfil Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Makassar

Profil Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Makassar

A.Sejarah 

Pesantren Putri Ummul Mukminin ini terletak di Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Pembangunan pesantren ini dimulai sejak tahun 1984 dan baru dibuka serta mulai menerima santri 3 tahun setelahnya, yakni tahun 1987, dengan jumlah santri saat itu hanya 17 orang.

Sejarah pendirian pesantren ini bermula pada 1 Muharram 1404 H bertepatan dengan tanggal 8 Oktober 1983, dilaksanakan acara pertukaran tanah wakaf ini, pihak ahli waris diwakili oleh Bapak Drs. H.Muh.Yusuf Kalla sedangkan pihak Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sulawesi Selatan diwakili oleh ibu Hj.St. Musyawarah Musa,S.H,M.S, yang juga sebagai ketua Pimpinan Wilayah pada saat itu.

Acara tersebut disaksikan oleh para anggota Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sul-Sel, para ahli waris almarhumah Hj. Athirah Kalla, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Camat Biringkanaya dan sejumlah undangan.

Pada tahun 1984, Berkat kerja keras dari panitia, maka di atas tanah wakaf ini, dimulai pembangunan sebuah Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan.

Pada tahun 1987, Pondok Pesantren ini mulai menerima santri baru dengan jumlah  17 orang. Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin sejak dibuka mengalami perkembangan dari tahun ketahun hingga  sekarang. Pada tahun pelajaran 2011 / 2012 telah berjumlah 1057 orang.

B.Sistem Pendidikan

Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin juga membuka program pendidikan takhassus, seperti disebutkan terdahulu program ini dilaksanakan  pada sore dan malam hari dan dimaksudkan untuk memperdalam materi pelajaran yang merupakan program unggulan dan ciri khas kepesantrenan seperti, yang meliputi:

  • Bahasa Arab
  • Bahasa Inggris
  • Hifzil Qur’an
  • Kajian kitab tarjih Muhammadiyah
  • dan kajian kitab-kitab klasik lainnya.

Dalam hal pengembangan bakat dan minat para santri, maka Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin memberikan program pengembangan diri  yang lebih dikenal dengan istilah ekstrakurikuler dan keterampilan untuk menjaga keseimbangan antara aspek keilmuan dan aspek amaliyah (praktek) yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata yang menjadi ciri khas Pesantren. Selain itu, fungsi kegiatan tersebut disamping untuk mempraktekkannya juga dapat menambah dan memperkuat ilmu para santri.

C.Pengasuh

Pesantren ini telah dipimpin atau diasuh oleh tiga orang direktur.

  1. Pertama, dipimpin oleh Ibu Dra. Hj. Ramlah Aziez , dari tahun 1987 – 1988.
  2. Kedua, dipimpinn oleh Al-Ustadz KH. Abdul Malik Ibrahim dari tahun 1988 – 31 Mei 2001.
  3. Ketiga, diamanahkan kepada kami (Drs. K.H. Jalaluddin Sanusi), dari tahun 2001 hingga saat ini

D.Alamat dan Kontak

Jl. Perintis Kemerdekaan No.KM.17, Pai, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90242 Telepon: (0411) 4813059. Website resmi http://www.ppum.sch.id

 

Subscribe Today

GET EXCLUSIVE FULL ACCESS TO PREMIUM CONTENT

SUPPORT NONPROFIT JOURNALISM

PROFIL PONDOK PESANTREN

Get unlimited access to our EXCLUSIVE Content and our archive of subscriber stories.

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme