Profil Pondok Pesantren Sunan Geseng Purworejo

A.Sejarah

Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Allah mempunyai keluarga diantara manusia.” Para sahabatpun bertanya “Siapakah mereka ya Rasulullah ?”Rasul menjawab ,”Para ahli Qur’an . Mereka keluarga Allah dan pilihan – pilihan Nya” (HR Ahmad).

Indonesia adalah Negara mayoritas penduduknya Muslim, tetapi kenyataan yang terjadi sekarang adalah melemahnya identitas kita sebagai Negara muslim . Ini dapat dilihat dengan banyaknya masyarakat yang masih susah dalam menjaga Istiqomahnya dalam beribadah karena berbagai alasan bekerja ,belajar , berdagang dll.

Berdasarkan hadis Nabi Muhammad diatas dan terpanggil memperbaiki kondisi umat Islam Indonesia yang mendasari pendirian Pondok Pesantren Sunan Geseng. Nama Sunan Geseng atau sering pula disebut Eyang Cakrajaya, adalah murid Sunan Kalijaga. Ia adalah keturunan Imam Jafar ash-Shadiq.

Melalui Program Rumah Tahfidznya bersinergi dengan PPPA (Pondok Pesantren Penghafal Al-Qur’an) Daarul Qur’an merupakan wadah yang dapat dijadikan sebagai motor penggerak masyarakat untuk dapat bersama-sama mengembalikan Citra Indonesia yang merupakan Negara muslim dengan menjaga amal ibadahnya wajib atau sunnah. Dengan nenjalankan Daqu Method, diharapkan Identitas kita sebagai muslim baik dimata Allah SWT dan Negara jauh lebih berkualitas.

Rumah Tahfidz Daarul Qur’an merupakan program yang digagas oleh Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an , program ini mengembangkan sentra-sentra tahfidz di lingkungan masyarakat dan perusahaan . Ide dasarnya untuk membibit dan mencetak para penghafal Al-Qur’an dengan melibatkan potensi masyarakat yang ada .

Rumah Tahfidz Daarul Qur’an menjadi salah satu sarana dan wadah dalam membangun generasi yang qur’ani dan berakhlakul karimah. Tidak mesti memerlukan dana yang besar untuk membangun Rumah Tahfidz ini , hanya menyewa beberapa rumah dan menempatkan anak-anak SD yang duduk di kelas 4,5 dan 6 untuk didik sebagai penghafal Al-Qur’an . Pada akhirnya anak-anak ini yang akan mewarnai perkembangan Pesantren Daarul Qur’an diberbagai daerah.

Operasional Rumah Tahfidz pun memaksimalkan potensi yang ada , seperti pusat pembelajaran tahfidz dilakukan di masjid atau mushola dan santri-santri pun sekolah menggunakan sekolah yang sudah ada di lingkungan tersebut . Kecuali guru-guru tahfidz yang akan ditraining oleh PPPA Daarul Qur’an dengan tujuan agar misi dan visi pendidikannya tidak berbeda dengan system Pondok Pesantren Daarul Qur’an yang telah dikembangkan . Dengan sinergi program Rumah Tahfidz Daarul Qur’an dengan PPPA Daarul Qur’an diharapkan 100.000 penghafal Al-Qur’an dapat lebih cepat diwujudkan.

B.Sistem Pendidikan

Pendidikan Formal

SMP VIP Asy-Syafiiyah

Pendidikan Informal

  1. Tahfidzul Qur’an
  2. Kepesantrenan

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an
  2. Kajian Kitab
  3. Hadrah
  4. Qiroah
  5. Basket
  6. Voli
  7. Sepakbola
  8. Beladiri
  9. PMR
  10. OSIS
  11. Paskibra
  12. Senam

Fasilitas

  1. Gedung Pesantren
  2. Gedung Sekolah
  3. Asrama Pesantren
  4. Ruang Kantor
  5. Dapur
  6. Kantin
  7. Koperasi
  8. Poskestren
  9. Perpustakaan
  10. Aula
  11. Lapangan Serbaguna
  12. Gudang
  13. Lab. Komputer
  14. Lab. Bahasa
  15. Asrama Pengasuh

C.Pengasuh

Ustad Ahmad Nur Kholis, S.Pdi

D.Alamat

Desa Bongkot RT 03/ 02, Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo Jawa Tengah 54173

Website : https://sunangeseng.com/

 

Latest articles

Related articles

spot_img