Profil Pondok Pesantren Uswatun Khasanah Pemalang

A.Sejarah

Pondok pesantren Uswatun Khasanah yang terletak di Desa Kalirandu, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang,  didirikan bulan Syawal 1417 H/1995 M. Pada saat itu, kegiatan belajar mengajar dilakukan di mushola Al-Fudhola.

Setelah kurang lebih lima tahun para santri bergelut dengan kitab-kitab klasik di mushola tersebut, maka atas inisiatif pengasuh pondok, yaitu Al Mukaram Kyai Sholeh Ahmad Al-hafidz yang merupakan menantu dari Kyai Fadholi.

Al Mukaram Kyai Sholeh Ahmad Al-hafidz sebenarnya bukan warga asli desa Kalirandu melainkan penduduk Desa Keboijo Petarukan. Ia merupakan alumnus dari pondok pesantren Al-Mubarok- Medono Pekalongan di bawah Asuhan Al-Magfurlah K.H. Anshor Abdulatif.

Beserta para alumninya dan masyarakat setempat, serta beberapa santrinya yang masih sedikit, Kyai Sholeh Ahmad Al-Hafidz dengan penuh keyakinan dan harapan dari Allah SWT serta didorong oleh kemauan dan kerja keras mulailah dilakukan dengan mendirikan sebuah pondok di atas tanah wakaf seluas 20 m2 yang dulunya merupakan mushola Al-Fudhola.

Pembangunan pondok pesantren tersebut tidak dilalui dengan mudah. Al Mukaram Kyai Sholeh Ahmad Al-hafidz merasakan sendiri betapa sulitnya mendirikan sebuah pesantren tanpa adanya uang sepeserpun dikantongnya. Membangun sebuah tempat pendidkan sangatlah tidak semudah membalikan kedua telapak tangan. Bisa dibayangkan, untuk membangun sebuah gedung yang berlantai dua saja kurang lebih dibutuhkan dana ratusan juta rupiah, sedangkan pada saat itu beliau al-Mukarom Kyai Sholeh, tidak mempunyai uang sebanyak itu.

Ia selalu mewasiatkan kepada santri-santrinya agar tidak cepat putus asa dan mau berusaha. “Dadi wong kui ojo putus asa, seng penting usaha, mengko tinggal Allah sing nentuake, yakino karo sing gawe urep, lamon pati-pati digawe urep yo mesti gusti Allah ora bakal ngelantarake.” Demikian kurang lebih ucapan Al Mukaram Kyai Sholeh Ahmad Al-hafidz ketika memberi nasehat kepada para santrinya.

Dengan hanya modal keyakinan yang kuat terhadap janji Allah yang tertera dalam surat Attalaq, tentang keutamaan dan pahala bagi orang-orang yang bertakwa, maka melalui dana swadaya masyarkat berdirilah pondok pesantren pertama yang ada di desa kalirandu yang diberi nama “USWATUN KHASANAH”.

Pemberian nama tersebut tidak serta merta diberikan. Nama ini merupakan cerminan dari akhlakRasulullah saw yang merupakan suri tauladan bagi semua umat manusia, diharapkan dengan tabrukan terhadap diri Rasulullah, maka pesantren ini kelak akan menjadi uswah khasanah (suri tauladan yang baik) bagi pesantren-pesantren yang lain pada khususnya dan bagi masyarkat pada umumnya.

Pembangunan pondok pesantren Uswatun Khsanah memakan waktu kurang lebih selama setahun, selama itu pula kegiatan belajar mengajar terpaksa dipindah ke ndalem sang pengasuh. Hingga akhirnya pembangunan pondok selesai.

Pada awal tahun 2000, Pondok Pesantren Uswatun Khasanah sudah bisa menempati gedung milik sendiri dengan jumlah santri pada waktu itu mencapai 270 santri baik putra maupun putri, mukim maupun yang tidak mukim. Hingga tahun 2005, Pondok Pesantren Uswatun Khasanah telah mendapatkan pengakuan dan nomor induk statistik dari kantor Departemen Agama Pemalang.

 

B.Sistem Pendidikan

  1. SANTRI PONDOK PESANTREN
KELAS SANTRI PUTRA SANTRI PUTRI JUMLAH
Ba’da Magrib I 10 12 22
Ba’da Magrib II 11 8 19
Baida Magrib III 5 15 20
Ba’da Subuh 7 7
JUMLAH 68

 

  1. SANTRI MADRASAH ( DALAM NAUNGAN PONDOK PESANTREN )
KELAS SANTI PUTRA SANTRI PUTRI JUMLAH
o (nol kecil) 15 20 35
O (Nol Besar) 19 22 41
I (Satu) 20 22 46
II (Dua) 20 31 51
III (Tiga) 17 26 43
IV (Empat) 12 16 28
JUMLAH 244

 

  1. SANTRI TPQ ( DALAM NAUNGAN PONDOK PESANTREN )
KELAS SANTRI PUTRA SANTRI PUTRI JUMLAH
Ba’da Dzuhur 40 55 95
Ba’da Magrib 30 37 67
JUMLAH 162

Pendidikan
1.  Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur’an
3. Majelis Taklim
4. Mujahadah
5. Kepesantrenan

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni Rebana (Hadroh), Seni tilawah, Bahasa Inggris, Pembacaan Maulid, Istighosah  kaligrafi, komputer, sorogan dan bandungan, dan pidato.

C.Pengasuh

Pengasuh                : Kyai Sholeh Ahmad Al-hafidz

Ketua                     : Ustd. Ahmad Nadhif

 

D.Alamat dan Kontak
Jl. Pandhawa, Rt. 05/01, Petarukan, Petarukan, Pemalang, Kabupaten Pemalang, 52362

Weblog : http://pesantrenuswatunhasanah.blogspot.com

Facebook : https://www.facebook.com/pages/category/Education/Pondok-Pesantren-Uswatun-Khasanah-918812128506412/

Latest articles

Related articles

spot_img