Profil Pondok Pesantren Wahid Hasyim Sleman

A.Sejarah

Wahid Hasyim, adalah sebuah nama yang diberikan oleh Pendiri (Al-Marhum Al-Maghfurlah KH. Abdul Hadi As-Syafi’i) pada 11 Maret 1977 M untuk sebuah Pondok Pesantren yang bertujuan menelurkan santri yang mempunyai intelektualitas keagamaan yang luas dan juga berdedikasi tinggi dengan didasari akhlaqul karimah. Pada 12 Oktober 1994 M / 7 Jumadil ‘Ula 1415 H.

Pondok Pesantren Wahid hasyim resmi berbadan hukum dengan dibentuknya Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim.

Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim merupakan Pendidikan Islam Modern berbasis :
1. Penanaman Akhlaqul Karimah
2. Program Tahfidz Al-Qur’an
3. Pengembangan Kemampuan Berbahasa Asing (Arab-Inggris)
4. Pengembangan Ketrampilan Penguasaan Kitab At-Turats (Kitab Kuning)

Madrasah Diniyah Wahid Hasyim adalah lembaga pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan agama secara klasikal dengan penekanan untuk kelas awal pada pedalaman ilmu alat (nahwu-soraf) dan kelas lanjutan pada pengembangan metodologi ilmu tafsir, fiqih dan ushul fiqih; Ma’had ‘Aly  Wahid Hasyim adalah lembaga pesantren yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan pesantren dengan sistem perguruan tinggi, didirikan sebagai wahana pengembangan dan pendalaman ilmu-ilmu keislaman bagi para lulusan pondok pesantren yang mempunyai girah yang tinggi dalam tafaqquh fi ad-adin.

Ciri khasnya adalah pengembangan dalam bidang metodologi hukum Islam (usul al-fiqh) dan tafsir dengan mencoba memadukan model kajian ulama klasik dan kontemporer dan senantiasa menjaga keseimbangan antara tradisi dan metodologi, sehingga model kajian di lembaga ini tetap memelihara nilai-nilai luhur ulama masa lalu, tetapi juga akomodatif terhadap dinamika pemikiran secara selektif. Tujuan dari pendirian lembaga ini adalah untuk mencetak generasi muslim yang ahli dalam ilmu agama dan dapat merespon secara cerdas dan solutif terhadap persoalan-persoalan agama dan kehidupan keberagamaan umat Islam. Madrasah Hufadz wa Tafsir memfokuskan kepada kajianAl-Qur’an. Selain itu, Yayasan Pondok Pesantren Wahid hasyim juga menyelenggarakan Pendidikan Formal Madrasah Ibtida’iyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

B.Sistem Pendidikan

Pendidikan
1. Madrasah Ibtidaiyah
2. Madrasah Tsanawiyah
3. Madrasah Aliyah
4. SMA Sains Al-Qur’an
5. Madin
6. Ma’had ‘Aly

Fasilitas
masjid, asrama putra dan putri terpisah, koperasi, kantor, gedung-gedung sekolah dan madrasah, perpustakaan, minimarket, lapangan serbaguna, gudang, mck, lab komputer, lab bahasa asing, parkir mobil dan motor.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al-Qur’an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band.

C.Pengasuh

Pengasuh : Drs. KH. Jalal Suyuthi, S.H.
Ketua Umum : H. Muhammad Nur Wachid
Kepala TK Tahfidzul Quran : Mutiqotul Ummah, S.Pd.I.
Kepala Madrasah Ibtidaiyah : Aris Munandar, M.Pd.I.
Kepala Madrasah Tsanawiyah : M. Fahd Wakhyudin, M. Pd.I.
Kepala Madrasah Aliyah : Agus Baya Umar, M.Pd.I.
Kepala SMA Sains Al Quran : Mahfudl Shidiq Muhayyat,S.T., M.Eng.
Kepala Madrasah Diniyah : M. Zulfikar, S.Ag.
Direktur Mahad Aly : Aqib Fatah Abdi, S.E., S.H.I.
DirekturMadrasah Huffadz Wattafsir : Ny. Hj. Umi Nelly Halimah S.Ag.

D.Alamat dan Kontak
Jl. Wahid Hasyim No. 3 Gaten Condongcatur Depok Sleman, Yogyakarta Telepon (0274) 484284
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi [email protected]

Website : www.ppwahidhasyim.com

Latest articles

Related articles

spot_img