in ,

Undang Non-Muslim Buka Puasa; Pesantren Nur Inka Nusantara Madani USA mendapat apresiasi

New York, WIKISANTRI.ID  – Acara buka puasa bersama (iftar) Pesantren Nur Inka Nusantara Madani Amerika Serikat (USA) mendapat apresiasi dari tetangga non-muslim Amerika Serikat (USA) yang hadir dalam acara Iftar with our neighbors tersebut. Hadir juga dalam acara tersebut warga Indonesia di Amerika Serikat, Sabtu, 1 Mei 2021.

Apresiasi di antaranya datang dari pasangan suami istri Nancy dan Marc yang yang takjub dan bisa menjalin hubungan melalui acara iftar tersebut:

“Thank you so much for the book, and for including us among your friends and followers. And you all made us feel so welcome . All of you and the camp itself have a wonderful,  positive, calm energy. We feel fortunate to have become acquainted, and look forward to more interactions” (Nancy and Marc).

(Terima kasih banyak atas hadiah bukunya. Dan telah menjadikan kami sebagai teman dan pengikut anda. Anda telah menjadikan kami merasakan penerimaan yang sangat baik. Semua kalian, dan tempat perkemahan (pesantren) itu sendiri sangat memiliki energi positif dan tenang yang sangat menakjubkan. Kita  merasa beruntung telah menjalin hubungan. Dan kami mengharap lebih banyak lagi.

Apresisasi yang sama datang dari dari Konjen RI New York, Saiman Arifi yang menyebut hidup berdampingan menjadi karakter Indah kota New York.

“Hidup berdampingan atau co-existent dalam masyarakat majemuk atau plural menjadi karakter yang indah dari kota New York. Dan karenanya kami sangat mengapresiasi acara Iftar ini sebagai upaya menguatkan semangat hidup berdampingan tadi.” Ungkap Konjen RI New York

Sementera itu, Imam Shamsi Ali selaku Direktur Pesantren Nur Inka Nusantara Madani Amerika Serikat (USA) dalam sambutannya menekankan pentingnya membangun jembatan untuk menghubungkan tidak saja antara kota atau daerah. Tapi yang terpenting adalah menguatkan hubungan di antara manusia.

“Dan karenanya upaya saling mengenal (ta’aruf) dalam kerangka membangun saling memahami (mutual understanding) menjadi tuntutan dunia global kita saat ini. Apalagi dalam konteks dunia yang semakin saling mencurigai den membenci”. Ungkap Alumni Pesantren Gombara Makassar ini

Proses saling mengenal – lanjut Alumni Pesantren Gombara Makassar ini- pada akhirnya akan menyingkap kemanusiaan (humanity) kita. Dan kemanusiaan itulah sesungguhnya yang menjadi pijakan bersama atau “common ground” terkuat dalam Membangun hubungan di antara manusia”.

Rencananya, Nusantara Foundation juga akan menyelenggarakan acara Halal Bihalal atau “Eid Celebration” yang akan dilangsungkan pada hari Sabtu, 15 Mei 2021. Acara ini juga terbuka untuk semua warga, Muslim dan non Muslim.

What do you think?

Written by Santri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

PONDOK PESANTREN TAHFIZH QURAN (PPTQ) AL KAUKAB BOGOR, PONDOK PARA BINTANG